Belajar R

Kali ini kita akan belajar tentang bahasa pemrograman R. R merupakan bahasa yang sangat powerful dan sering dipakai khususnya di bidang statistik dan ilmu komputer. Kelebihan dari bahasa R adalah gratis dan memiliki banyak dukungan melalui komunitas-komunitas di luar sana. Jika Anda memiliki kesulitan di dalam membuat program R, cukup ketik permasalahan di Google, biasanya solusinya bisa langsung Anda temukan.

Note: Jika Anda juga ingin belajar python, silakan klik artikel saya ini.

Langkah pertama untuk belajar R (OS:Windows) adalah dengan menginstall program R di komputer kita. Berikut proses instalasinya:

  1. Buka web untuk mengunduh (download) R di sini.
  2. Di web tersebut, pilih R sesuai operating system Anda apakah Mac, Windows atau Linux. Jika Anda memilih Windows, selanjutnya pilih install R for the first time.
  3. Cukup klik 2 kali pada file yang sudah diunduh, maka R sudah terpasang di komputer Anda.

Kita belum selesai, karena sekarang yang sudah kita pasang adalah mesinnya. Saat memasang kemudinya (user inteface) yang sering dipakai yaitu Rstudio.

Langkah instalasi Rstudio adalah sebagai berikut:

  1. Unduh Rstudio di link ini.
  2. Pilih yang FREE (paling kiri).
  3. Setelah terunduh, klik 2x pada file tersebut, maka Rstudio sudah terpasang di komputer Anda.

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus memasang R terlebih dahulu, baru Rstudio. Karena jika Anda menginstall sebaliknya, Rstudio tidak akan bisa dipasang jika sebelumnya belum terpasang R di komputer Anda.

Selamat! Sekarang Anda sudah siap untuk belajar R!

Pada dasarnya Rstudio sama dengan spyder (untuk python), di mana aplikasinya dibagi menjadi 2 bagian penting yaitu console dan script.

 

Console

Mudahnya console adalah layar di mana ia langsung mengeksekusi program Anda. Ia juga akan menampilkan gambar dan grafik dari hasil eksekusi Anda. Layar console juga bisa melakukan aktivitas aritmatika. Coba saja ketik

1+2

kemudian tekan ENTER, maka nanti ia akan langsung menuliskan hasilnya, yaitu 3.

Layar console juga akan memberitahu jika ada kesalahan dalam penulisan R saat eksekusi. Misal, coba ketik ini di bagian console,

 
print(harusnya tulisan ini error)

Maka ketika Anda tekan ENTER, ia akan menunjukkan keterangan error Error: unexpected symbol in “print(harusnya tulisan”. Kenapa error? Karena dalam perintah print, tulisan yang ingin di print harus di awali dengan tanda petik 1

 
print('contoh petik 1')

atau petik 2

 
print("contoh petik 2") 

dan ditutup dengan tanda kurung. Sementara kita tidak memberikan tanda petik tadi.

 

Script

Script adalah catatan yang kita tulis untuk bisa dieksekusi, baik dieksekusi keseluruhan atau hanya sebagian saja (beberapa line dari tulisan kita). Kita juga bisa menyimpan script untuk disimpan dan dibuka kapan saja. File script akan selalu memiliki ekstensi R, misal saya simpan dengan nama catatan.R . Di dalam penulisan program python untuk ML dan AI kita akan selalu membuat script. Bisa cukup hanya 1 script atau bahkan kombinasi beberapa script.

Untuk bisa membuat script, cukup klik file pada ujung kiri Rstudio, dan klik ‘new file’ kemudian ‘R Script’. Jika ingin disimpan, cukup save as ‘terserah namanya’. Jika ingin membuka cukup klik ‘Open File’.

 

Untuk belajar semua teknik-teknik dasar R, Anda bisa mengikutinya di web Tutorials Point. Klik link ini untuk belajar lebih lanjut.

Jika ingin belajar R dengan versi yang advanced link ini silakan klik .

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of