Cerita merintis usaha PAUD

Teringat-ingat awal merintis usaha PAUD (playgroup dan daycare)..Awal tercetus ide saat mimi masih dikandungan. Karena bunda sudah resign dari pekerjaan sblmnya dan merasa pny bnyk waktu berlebih yg harus disalurkan. Alhmdulillah terealisasi PAUD yg menjadi impian sejak kanak2 dan mulai beroperasi saat mimi usia 6bln..saat itu mimi baru belajar merangkak. Setiap pagi jm6 bersiap ke PAUD..seringnya mimi blm mandi wkt menyambut kedatangan tmn2nya..seiring bertambah usia..jam mandi mimi lbh pagi..ke PAUD sdh rapi spt tmn2 yg lain..mimi senang setiap hari bermain bersama tmn2 sebaya..salah satu tujuan bunda membuat PAUD adalah agar mimi pny bnyk teman dan bunda merasa tujuan tersebut tercapai..mimi tumbuh sbg anak yg ceria bahkan perkembangan motorik dan bicaranyapun sangat pesat..usia 10bln lebih mimi sdh bisa berjalan..usia 1 tahun sudah bs bicara dan ini tidak lain karena banyaknya rangsangan yg diterima mimi krn tumbuh di lingkungan PAUD.

Bertemu hampir setiap hari dengan anak2 yg msh polos meski tak ada ikatan darah tapi merasa mereka spt anak sendiri..berusaha yg terbaik utk mereka..setidaknya memberikan rasa aman dan nyaman selama tak ada orang tua kandung yg mengawasi mereka..kadang saat melihat mereka terlelap bersama ada rasa terenyuh dihati..bagaimana tdk melihat wajah2 polos tidur bersamaan..terbayang nanti kalau sudah dewasa masihkah mereka saling mengenal?? Masihkah saya bisa melihat perkembangan mereka??

Qodarullah blm sampe usia mrk dewasa pun saya hrs pindah kota menemani suami. Pindah ke Tangsel tgl 21 Januari 2015, bbrp hari stlh mimi ultah ke 2..mimi harus berpisah dgn saudara2nya di PAUD..berat hati sbnrnya..bagaimana tdk senin-sabtu kami bermain bersama dari pagi hingga sore..mimi pun pasti merasa kehilangan kebersamaan dgn tmn2nya..Kalau diingat2 awal pindah ke tangsel mimi tdk mau bermain dgn tetangganya..bahkan bunda mengajak anak tetangga masuk rmh saja dilarang mimi..Sangat bertolak belakang dengan kebiasaannya sebelumnya, mngkn dia masih beradaptasi dengan situasi baru..rmh baru, teman baru semua serba baru..yg pasti mngkn mimi merasa kehilangan..Alhamdulillah tak perlu waktu lama mimi bs beradaptasi bahkan doyan main dgn tetangga..maunya main trs malah..namanya anak2 kerjaannya mmg main 😂😂

Yg menyenangkan tiap plg ke Semarang dan mampir daycare anak2 menyambut kami..masih ada yg ingat bunda irma..dan sebagian besar masih ingat mimi..mngkn krn mrk dulu tumbuh bersama..dan “rumah mimi” adalah rumah favoritnya sampai skrg..kalau ditanya, “mimi suka tinggal di mana?” Dia pasti menjawab “rumah mimi yg deket paud itu lho bunda”. Setiap plg ke Semarang sebenarnya mimi maunya plg ke rmh mimi..tp krn ingin membahagiakan eyang2nya maka kami lebih memilih menginap drmh orang tua setiap ada kesempatan plg k Smg..karena mami, papi, uti, atom dan semuanya pasti ingin bertemu lbh lama dgn mimi dan lili.

Pagi ini..di Groningen..saat mimi dan lili msh tdr..melihat wajah polos yg terlelap..entah mengapa ingatan melayang2 ke PAUD..anak2 yg dl bunda irma kenal..masih ingat kah dgn bunda?? Hehehe..tak penting ingat atau tdk..semoga kalian semua sehat selalu..tumbuh jd anak yg sehat, cerdas dan bahagia..meski kita lama tak berjumpa bunda msh ingat kalian lho..semoga kelak kalian menjadi generasi penerus yg berkualitas..Aamiin..

Groningen, 06.00 CEST
Bunda Irma yg tetiba rindu PAUDnya 😁😁

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of