Jalan-jalan ke Giethoorn

Negeri Belanda memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Beberapa spot yang terkenal antara lain Amsterdam, Volendam, Giethoorn, Zaanse Schans, dll. Kali ini saya akan share pengalaman jalan-jalan ke Giethoorn dari Groningen. Saat itu saya jalan-jalan dilengkapi anak istri dan sahabat PhD saya Mas Lana bersama istrinya Mba Arum dan anaknya.

Giethoorn adalah tempat yang sangat bagus. Banyak yang bilang lokasinya seperti di Venice. Maka tidak jarang yang menyebutnya dengan istilah Venice-nya Belanda. Di dalamnya kita bisa jalan-jalan ke rumah airnya orang Belanda, dan menaiki perahu layaknya di Venice. Tapi yang enak di sini adalah tidak bau amis seperti di Venice, karena airnya lebih bersih mungkin.

 

tiket bus meermans kaart

Bagaimana cara pergi ke Giethoorn dari Groningen? Saya jelaskan langkah-langkahnya :

  1. Beli group tiket dari Groningen ke Zwolle dengan biaya 4.92 eur/orang untuk 7 orang dalam 1 rombongan. Saat ini grup tiketnya maksimal 7 rombongan dan minimal 4 rombongan. Untuk PP tentunya butuh 2 x 4.92 = 9. Pemesanan grup tiket bisa melalui www.ns.nl kemudian pilih group ticket.
  2. Setelah tiba di Zwolle, tidak jauh dari stasiun, jalan kaki kurang lebih 50 meter ke terminal bis. Pilih bis no 70 dan nanti rutun di Dominee Hylkemaweg. Atau jika tidak ada yang langsung, naik bis no 71 turun di Zwartluis, kemudian lanjut naik no 70 turun di Dominee Hylkemaweg. Untuk dua pilihan ini, tarif bisnya 16.5 eur untuk 2 orang dewasa+4 anak. Tiketnya disebut dengan Meermans kaart. Ini jauh lebih murah jika sendirian.
  3. Sampailah di bus halte Dominee Hylkemaweg, dari sini pemandangan bagus sudah mulai terlihat.

 

Apa saja yang kami lakukan di Giethoorn?

  • Foto-foto pemandangan
  • Makan Kibbeling
  • Naik perahu (biaya sewa 30 eur/2 jam untuk 6 orang). Saat itu kami ber 7 dengan anak-anak, tapi dibolehkan dianggap 6 orang karena mungkin bawa anak kecil. Stroller dititipkan ke petugasnya.
  • Beli oleh-oleh khas Giethoorn seperti magnet dan gantungan kunci.

 

Berikut foto dan video perjalanan kami (klik gambar untuk perbesar):

Saya sangat merekomendasikan pembaca berkunjung ke Giethoorn jika mengunjungi Belanda. Kalau kata Mba Arum, seperti berada di surga..

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of