Risiko postur kerja

Banyak orang merasa capai, pegal, sakit pinggang atau bahkan merasakan cidera berat saat selesai dari pekerjaan mereka. Hal itu bisa saja disebabkan karena postur kerja anda yang salah. Kesalahan postur memang tidak dapat berdampak secara langsung, walaupun banyak kasus yang mengalami cidera akut (saat itu juga) akibat postur kerja yang memang berbahaya. Lantas bagaimana kita tahu, apakah postur kerja kita baik atau tidak?

Secara gamblang (kasat mata) kita dapat menilai postur tubuh baik atau tidak dengan menggunakan perasaan (common sense) atau lebih tepatnya feeling. Namun sekarang ada metode yang sangat tepat yang telah dikembangkan oleh para peneliti ahli biomekanika dalam menilai apakah postur pekerjaan kita sudah baik atau tidak. Metode itu adalah dengan penilaian secara cepat dengan menggunakan RULA (Rappid Upper Limb Assessment).

Dengan menggunakan RULA kita dapat tahu apakah postur kerja kita (secara fisik) baik, buruk, atau bahkan berbahaya. Walau demikian, hasil penilaian hanyalah berupa angka dan anjuran, yang artinya jika kita sudah mengetahui bahwa postur kerja buruk, maka langkah selanjutnya adalah terserah anda, apakah memperbaikinya dengan merubah postur atau mungkin menggunakan bantuan orang lain (menambah SDM) untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sekarang sepertinya layak kita memeriksa apakah pekerjaan yang kita lakukan berbahaya atau tidak. Ingat, bekerja dalam postur duduk pun dapat berbahaya jika dilakukan dengan durasi lebih dari batas toleransi tubuh kita. Anda bisa mendapatkan RULA dengan menghubungi saya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of