Sekolah pertama Lili

5 September 2017 saat usia lili 2 tahun lebih hampir 3 bln menjadi hari istimewa, karena adek lili masuk sekolah utk pertama kalinya. Alasan utama lili disekolahkan diusia yg dini krn disini peuterspeelzaal (preschool) dimulai saat usia anak 2th (tidak wajib), dan nantinya akan dilanjutkan sklh wajib saat anak usia 4th (basisschool). Karena untuk 3th kedepan insyaAllah kami masih tinggal di Groningen jadi akan sangat memudahkan bila kami bisa menguasai bahasa setempat. Untuk sy pribadi belajar bhs belanda sangat2 sulit 😅😅 tapi dari pengalaman yg sudah2 anak2 sangat cepat menguasai bahasa baru. Kakak mimi yg stgh tahun kmrn sdh mulai basisschool skrg sdh PD saat berkomunikasi dgn tmn2 dan gurunya. Walaupun kosakatanya blm trll banyak tapi utk kebutuhan komunikasi harian di sekolah kakak mimi sudah mampu melakukannya, dan tidak pernah lagi sepulang sekolah dia bertanya dan mengeluh tdk mengerti yg dikatakan tmn2nya. Sempat merasa sedih krn merasa tdk bisa membantu saat anak menanyakan sesuatu. Memang proses adaptasi lingkungan kadang menyebabkan tekanan, tapi bunda selalu membesarkan hati kakak mimi. Bunda sll bilang “mimi blm mengerti karena mimi baru belajar bahasa belanda, nanti lama kelamaan mimi bisa bahasa belanda, mimi anak pinter pasti mimi bisa” dan alhmdllh skrg setidaknya mimi tdk pernah terlihat sedih saat plg sklh karena tdk mengerti yg diucapkan guru dan tmn2nya.

Bunda berharap adek lili juga bisa menguasai bahasa belanda, agar nantinya lili tidak merasa bingung ataupun terasing saat bertemu dgn teman2 sebayanya. Pagi tadi sebelum brngkt sklh adek lili sangat semangat, dari persiapan ganti baju, pakai sepatu, jaket dan tas adek lili terlihat ceria. Bahkan langkah kakinya sangat mantap ketika keluar rmh dipagi hari, padahal suhu groningen mulai dingin karena musim panas sudah mulai beralih ke gugur. Sampai di sklhpun dia lngsng asik memilih mainan, semua mau dicoba, tapi saat bunda mau pamit mulai adek lili merasa galau. Karena hari pertama tentu bunda jg tdk tega lngsng meninggalkan lili, tapi kata gurunya boleh ditunggui hanya 10 menit saja (duh kurang lama, klo di indonesia pasti bakal ditunggu seharian, tp sklhny mmg tdk lama hny 3jam). Sebelum plg bunda hrs memastikan lili tdk terlalu sedih atau menangis, akhirnya setelah mencoba bbrp permainan dari masak2an, binatang2 ternak, mobil2an dan akhirnya bunda arahkan ke meja. Kemudian gurunya menyodorkan kertas kosong dan pensil warna, lili dan bbrp tmnnya mulai menggambar. Karena kondisi yg sudah kondusif bundapun pamit pada bu guru. Lili smpt sedih saat bunda mau keluar, tapi langsung diajak menggambar lg oleh gurunya dan diapun asik menggambar. Salah satu hobi lili corat coret kertas dan biasanya bisa menghabiskan waktu yg cukup lama sampai akhirnya dia bosan. Sambil sedikit melow, karena ini pertama kalinya harus terpisah dlm durasi yg cukup lama dgn lili bundapun plg.
Pukul 11.30 waktunya menjemput lili, dan bunda agak kaget krn trnyt lili sedang asik bermain pasir dan saat dipanggil utk diajak plg malah bunda di cuekin. Sebenarnya bunda sudah bs menebak kalau lili bertemu tmn2 sebayanya dia akan asik bermain dan tdk akan menangis. Beberapa kali bermain di playground dan dia bermain pasir bersama bbrp tmn dia akan lp keberadaan bundanya, pdhl kalau drmh lili selalu nempel kyk perangko. Kata gurunya lili sempet nangis sbntr, tapi selebihnya dia ceria dan main sama tmn2nya, saat sesi ganti diapers jg lili tdk nangis. Alhmdllh bunda lega dan jg seneng adek lili hari ini kooperatif, semoga hari2 berikutnya tetap begitu.

Sore hari adek lili bermain sambil menyeletuk “mag ik rood, pink, mag ik groen, pink”. Setiap bertemu benda2 berwarna lili mmg suka nyeletuk nama2 warna, walau masih salah dalam mengidentifikasi warna, tapi kata yg digunakan sudah kata2 bhs belanda. Kata “mag ik rood” artinya boleh saya warna merah, mngkn bermain menggambar bersama tmn2 dan gurunya hari ini sangat membekas diingatan lili. Baru sehari sekolah adek lili udh mulai mengucapkan kata2 baru. Bunda senang sekali, semoga adek lili selalu ceria, sehat selalu, tmbh pintar jadi anak solehah dan bahagia..Aamiin..bunda selalu sayang lili&mimi 😘😘
Terima kasih juga utk ayah hebat Mega Bagus Herlambang yg selalu mendukung dan menyayangi bunda dan anak2 ..I love u 😘😘😘

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of