Teliti sebelum membeli

Ternyata sepeda curian.

Kisah ini terjadi Desember di tahun 2016. Ceritanya si ayah beliin sepeda buat bunda, biar kemana2 bs nyepeda sambil boncengin duo krucil. Carilah kami di fan page for sale groningen. Krn mmg disitu bnyk brg2 bagus yg dijual murah pemiliknya krn berbagai alasan, lbh bnyk krn alasan moving out. Jd harga yg ditawarkan sangat miring.

Ketemulah sepeda yg kondisinya bagus, harga miring (buibu kn seneng hrg miring?). Mekanismenya pm ke penjual, janjian ktmu, lht brg, klo cocok beli deh. Kyk olx klo di indonesia. Nah stlh ayah janjian ktmu ma penjual, trus nyobain sepedanya dan cek kondisi sepeda, disepakatilah harga, bayar, lgsng deh bw plg sepedanya.

Smp rmh krn ban depan udh lama si ayah inisiatif gantiin bannya. Kontaklah tetangga sesama org indo dan mmg ahli benerin sepeda. Disini org2 benerin sepeda sndr, ke bengkel mahal, selama bs dibenerin sndr pasti dilakuin sndr. Jadi ahli segala macam deh, tenaga manusia sangat2 dihargai, jd klo apa2 dikit pake jasa “tukang” bs tekor ?
Nah balik lagi ttg ganti ban, wkt tmn ayah lht sepedanya dia lgsng komen dong. “Wah sepedanya bagus mas”, sng dong pasti berarti g salah beli. Stlh denger nominalnya, komen berikutnya tmbh bikin seneng “wah murah bgt mas, ni sepeda mahal”. “Iya orgny butuh uang, beli di for sale”. Mhssw indo disini pasti g asing sama for sale. Tp abis itu tmn ayah komen lg “coba nt di cek situs pencurian, ni kan ada nomer serinya, takutnya barang curian”.
Deng..deng..shock bgt dong pastinya. Sama skli g pernah terbersit dipikiran kami beli brg curian. 
Nah stlh ban depan berhasil diganti dgn yg baru, sepedanya jd tmbh bgs, kondisi mulus, cocok buat emak2 yg bw anak biar g gembos d jalan, bs repot nt.

Krn benerin sepeda udh malem, bunda blm bs reyen sepedanya, krn dingin. Bsknya barulah bunda coba. Ternyata eh ternyata ketinggian, org belanda tinggi2 euy. Jd sedelny hrs diturunin. Mampirlah kami k t4 tmn ayah lg, krn dia pny alatnya, kt mau pinjem. Eh trnyt sedelnya model per, jd udh mentok plg turun, jd hrs ke bengkel sepeda buat dipotong besinya. Yah bunda agak sedih krn ongkosnya bs mahal ni, hrg sepedanya jatohnya jd mahal dong ( ttp prinsip ekonomi yg dipegang sama emak2 ?).

Si tmn ayah baik bgt bantuin cari alternatif jln kluar, dicoba tuker sedel sepeda ayah, tp trnyt g cocok. Yudh deh bsk hrs ke bengkel kt ayah.

Btw mili wkt ngereyen sepeda sng bgt, di bonceng dibelakang pake baby seat, jd aman. Tp yg boncengin ayah, krn bundanya g berani krn msh ketinggian sepedanya.

Nah iseng2 mlmny ayah buka situs laporan pencurian sepeda. Dimasukin nomer seri sepedanya yg ada di body si sepeda. Tralala trnyt sepeda itu dilaporkan hlg sejak tgl 19 Desember, baru 10hari ilang. Dan skrg udh ada di gudang kami.

Shock bgt dong. Ayah dan bunda speechless. G kebayang beli brg curian, berarti kmrn transaksi sama pencuri dong, mana dia ngaku islam. Duh gtw deh dia beneran islam ato engga, ato ngaku2 biar jd beli. Yg pasti kami b2 kaget. Tp kami memutuskan utk kembaliin sepedanya, ya kembaliin ke pemiliknya. Krn hukum beli brg curian haram, y kami kn gtw wkt beli, tp skrg udh tw jd kewajiban kami mengembalikan.

Tp terbersit ketakutan, klo mau kembaliin kn hrs ke polisi, nt kt mlh dicurigai. Kt kn imigran bs gawat.
Alhmdllh di sini kami tdk sendirian, bnyk tmn2 org indonesia yg lbh berpengalaman disini. Bunda lngsng wa salah satu tmn yg udh lama bgt jd warga Belanda. Wkt bunda cerita tanggapan si mbak adalah “iya gpp mba laporin aja, disini polisi g main nuduh dan tangkep org kok. Penjara sini sepi mba, krn org yg dipenjara itu dibayar lho sama negara, makanan enak, penjara higienis, mlh dpt vitamin. Jd klo org g salah g mungkinlah ditangkep”
Hehehe..kami sempet parno, gtw deh bisikan setan dr mana, mau berbuat baik ngembaliin sepeda tp takut ketangkep. Ya klo smp ayah ada masalah kn bahaya, gmn sama studinya, trus nasib bunda dan duo krucil kn jg jd taruhannya. 
Alhmdllh abis konsul, kami b2 jd tenang dan mantep, bsk pagi ayah bakal ke kantor polisi laporin sepedanya.

Pagi2 ayah naik sepeda bunda ke kantor polisi dan laporin kronologisnya. Polisiny blg sepeda ini mmg mahal. Ya bnyk yg lapor kehilangan, diurus surat2 dicatet data ayah, dan akhirnya sepeda diserahkan ke polisi. Sepedanya udh berroda baru, ga kami lepas lg, biarlah utk yg punya, mmg rejekinya dia.

Selama ayah lapor ke kantor polisi, bunda pantau lwt wa. Ya ttp agak deg2an, tp alhmdllh kt ayah polisinya baik, ditawarin minum jg kok. Utk pelajaran kami kedepannya, hrs lbh teliti sebelum membeli. Memastikan asal usul barang yg dibeli, biar halalan toyibban.

Trus gmn dong berarti kami kehilangan uang dan sepeda? Hehehe jawabannya..sepeda insyaAllah kembali kepemiliknya. Uang yg buat beli kami ikhlaskan, sebagai sedekah, insyaAllah ga hilang tp berlipat ganda..Aamiin.

Menulis ini utk pembelajaran bersama, semoga kt lbh hati2 ketika mau membeli barang. Pastikan asal usulnya, sudah dibayar bukan berarti barang itu jd halal. Pembeli jg punya kewajiban mencari tw asal usul. Semoga bermanfaat.?

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of