Association Rule Learning

Association Rule Learning

Ada sebuah teknik Machine Learning (ML) yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan sebuah bisnis, salah satunya adalah association rule learning (ARL). Teknik ini mencari hubungan apakah membeli barang A bisa mempengaruhi pembelian barang B atau tidak.

Ada sebuah kisah menarik yang terjadi di dunia ritel di US. Kisah ini sudah sangat terkenal, yaitu hubungan antara popok bayi (diapers) dengan minuman bir (beer). Ada seorang data scientist yang sangat ternama ia mencari hubungan di database penjualan yang dimiliki perusahaan menggunakan bahasa SQL. Dari situ ternyata ia menemukan hubungan yang menarik, di mana setiap popok bayi yang terjual, selalu diikuti dengan pembelian minuman bir. Ada apa?

Banyak spekulasi bermunculan, mencoba menjelaskan mengapa hubungan antara pembelian popok bayi dan bir sangatlah kuat. Salah satu penjelasan yang paling terkenal adalah di malam jumat (dikenal dengan istilah friday night), para Ibu-ibu yang lupa membeli popok meminta para suaminya untuk membelikan popok. Karena friday night adalah hari menjelang weekends, maka para ayah bersemangat, karena hari sabtu biasanya mereka tidak berangkat bekerja. Oleh karena itu, ketika mereka berada di supermarket, setelah mengambil popok, mereka juga membeli banyak minuman bir, sebagai persiapan untuk santai-santai saat weekends. Dengan demikian, setiap seorang ayah membeli popok, mereka juga membeli beberapa krat bir. (satu krat biasanya berisi banyak bir).

Setelah menemukan korelasi ini, maka Walmart memutuskan untuk mendekatkan 2 produk ini. Ternyata penjualan mereka meningkat sebanyak 35%!

Contoh di atas adalah salah satu manfaat besar yang bisa didapatkan dengan menganalisis data yang dimiliki. Data is king! itulah slogan atau image yang dimiliki oleh mereka para data scientist maupun entrepreneur, karena data memang menyimpan banyak sekali informasi. Permasalahannya adalah jarang dari kita yang bisa mengeksplor lebih dalam tentang rahasia-rahasia yang tersingkap di dalamnya.

Melalui teknik ARL, kita bisa mengetahui hubungan antara data satu dengan yang lainnya. Di pembahasan kali ini saya akan berbagi tentang 2 metode di dalam teknik ARL yaitu:

  1. Apriori
  2. Eclat

Semoga pembaca bisa memahami kedua teknik tersebut dengan belajar melalui web ini.

Terima kasih.

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of