Cara Gampang Verifikasi Adsense Tanpa KTP

Cara Gampang Verifikasi Adsense Tanpa KTP

Halo, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya agar kita tidak ditolak saat melakukan verifikasi adsense. Mengapa ini penting? Karena banyak sekali mereka para pemain adsense yang gagal melakukan verifikasi.

Jika gagal melakukan verifikasi sebanyak 3 kali, maka akun adsense akan di suspended (ditahan) oleh Google, artinya semua penghasilan adsense akan kembali menjadi nol. Jika ingin bermain adsense lagi, maka harus mengulang semuanya lagi dari awal dengan akun yang baru. Hal inilah yang membuat banyak orang frustrasi.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa setelah adsense kita mencapai saldo tertentu, kita akan mendapat email dari Google untuk melakukan verifikasi data pribadi. Biasanya ada 3 cara yang bisa dilakukan yaitu paspor, KTP, dan SIM, terlihat seperti pada tampilan email berikut:

Tampilan screenshot dari Google untuk verifikasi

Kebetulan karena posisi saya di Belanda, maka yang saya lampirkan adalah dengan menggunakan paspor. Sebenarnya ingin menggunakan KTP, namun setelah membaca di internet di mana jika masa berlakunya BUKAN seumur hidup maka pasti ditolak oleh Google. Kemudian kepikiran juga ingin menggunakan SIM, namun SIM saya foto dan tanda tangannya tidak sejelas KTP, jadi akhirnya diputuskan untuk menggunakan paspor.

Setelah diupload di akun adsense, kemudian ditunggu beberapa hari, akhirnya dapatlah email dari Google yang menyatakan bahwa verifikasi saya DITOLAK!

What! Ditolak? Saya bingung, padahal paspor saya asli dan masa berlaku juga masih lama sampai 2021. Beginilah kira-kira email penolakannya:

Tampilan screenshot dari Google bahwa verifikasi gagal

Lalu saya coba baca-baca mulai dari bahasa inggris sampai lokal (bahasa Indonesia). Ternyata kebanyakan penolakan disebabkan karena di halaman paspor tidak terdapat alamat tempat kita tinggal.

Beginilah tampilan syarat dokumen untuk verifikasi yang diambil langsung dari Google:

Dokumen yang disyaratkan oleh Google untuk verifikasi

Dengan demikian, paspor Indonesia saya haruslah mencantumkan alamat tempat tinggal, padahal hal ini tidak mungkin karena paspor kita hanya mencantumkan jenis paspor, nama, kode paspor, kewarganegaraan, tempat tanggal lahir, dan lain-lain. Jelas tidak ada kolom tempat tinggal di sini. Sebenarnya ada di halaman paling belakang (untuk paspor baru), tapi masa harus ditempel 2 foto menjadi satu? Jutsru terlihat tidak profesional menurut saya.

Ilustrasi paspor yang saya lampirkan

Lalu bagaimana solusinya? Apakah saya harus menggunakan KTP, padahal KTP saya masa berlakunya sudah habis (walaupun masih berlaku seumur hidup). Haruskan saya pakai SIM? Tapi foto dan tanda tangan jauh di SIM lebih buram yang kemungkinan besar juga akan ditolak.

Setelah saya pikir-pikir, saya baca lagi mengapa alasan paspor saya ditolak. Ternyata alasannya adalah “Ada bagian dari dokumen yang tidak terlihat“. Saya berpikir barangkali ditolak bukan karena tidak ada alamat, melainkan karena ada bagian yang saya crop (saya potong).

Dengan cukup pede, saya scan lagi paspor saya dengan resolusi 600 dpi dan tanpa saya crop lagi dengan 4 ujung buku paspor terlihat. Kira-kira tampilan paspor baru untuk adsense saya seperti ini:

Tampilan paspor yang saya kirimkan lagi tanpa crop

Setelah saya submit disertai dengan doa dan sedikit rasa pesimis karena tidak ada kolom alamat di paspor saya, tidak sampai 10 menit langsung mendapatkan email balasan dari Google. Ternyata verifikasi akun adsense saya berhasil !!

Ini balasan email dari Google:

Verifikasi adsense berhasil

Alhamdulillah akhirnya langsung berhasil! Lega rasanya karena tidak perlu melakukan verifikasi hingga 3 kali, dan cukup 2 kali saja.

Ternyata verifikasi akun adsense dengan menggunakan paspor jauh lebih mudah! Tidak perlu ada kolom alamat juga tidak masalah. Yang penting pastikan bahwa kita tidak melakukan crop sama sekali, dan resolusi gambar paspor kita sangat jelas.

Mungkin ini juga yang menjadi pertimbangan dari Google saat melihat kiriman paspor saya yang kedua. Karena terlihat resolusi tinggi dan tanpa crop sehingga bisa membuat mereka yakin bahwa ini adalah dokumen asli yang valid.

Oke jadi ini pengalaman deg-degan saya saat melakukan verifikasi adsense. Semoga bisa membantu teman-teman para pembaca dalam melakukan verifikasi akunnya.

Jika ada pertanyaan silakan tulis di bagian komentar.

Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of