Conditional dan iterasi

Conditional dan iterasi

Di dalam python, kita terkadang harus menentukan syarat eksekusi sebuah program. Misal kita memiliki beberapa variabel, dan ingin memilih variabel yang nilainya lebih tinggi dari 100. Maka untuk melakukan ini kita butuh conditional if. Dapat dilihat pada penulisan di bawah ini:

 
berat_murid = [45,55,60,40,80,101,92,77] 
for i in range(len(berat_murid)):     
    if berat_murid[i] > 100:
         print("murid ke " + str(i) + " overweight") 

Jika dieksekusi, maka akan menghasilkan murid ke 5 overweight. Namun, ketika kita mengamati secara manual, maka seharusnya murid yang overweight adalah murid ke 6 dari list berat_murid yang kita buat. Mengapa menjadi murid ke 5? Karena index (urutan penghitungan python) dimulai dari nol. Sehingga indexnya adalah 0,1,2,3,4,5,6,7.

Perintah for i in range, adalah perintah iterasi (merunut) dari list berat_murid. Perintah len (singkatan dari length) adalah untuk melakukan iterasi dari rentang list yang kita miliki yaitu 8 data di dalamnya. Walaupun index dimulai dari nol dan diakhiri dengan index 7 untuk berat badan 77, jumlah data adalah 8, dan eksekusi len(berat_murid) akan menghasilkan nilai 8, sehingga iterasi akan dilakukan sebanyak 8 kali.

Penulisan berat_murid[i], menunjukkan iterasi berat murid yang ke-i, mulai dari index 0 hingga 7.

Penulisan str[i] menyatakan bahwa yang harus di print haruslah bertipe string, sehingga str[i] merubah dari integer ke string.

Jika syarat dari sebuah pengambilan keputusan ada banyak, maka butuh tambahan perintah lain yaitu ELSE (jika 2 syarat, atau untuk mengakhiri kondisi terakhir) atau ELIF (jika lebih dari 2). Contoh bisa dilihat pada penulisan di bawah ini:

 
for i in range(len(berat_murid)):
    if berat_murid[i] > 100:
       print("murid ke "+str(i)+" overweight")
    elif berat_murid[i] < 60:
       print("murid ke "+str(i)+" terlalu kurus")
    elif berat_murid[i] == 60:
       print("murid ke "+str(i)+" beratnya tepat 60")
    else:
       print("murid ke "+str(i)+" ideal") 

Jika dieksekusi maka akan menghasilkan:

murid ke 0 terlalu kurus
murid ke 1 terlalu kurus
murid ke 2 beratnya tepat 60
murid ke 3 terlalu kurus
murid ke 4 ideal
murid ke 5 overweight
murid ke 6 ideal
murid ke 7 ideal

Penggunaan IF ELSE dan iterasi akan sangat sering digunakan dalam pemrograman ML. Jadi Anda harus benar-benar menguasainya.

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of