Deep Learning: Recurrent Neural Networks (aplikasi)

Catatan penting : Jika pembaca benar-benar awam tentang apa itu Python, silakan klik artikel saya ini.  Jika pembaca belum tahu cara menginstall library Keras versi GPU untuk deep learning, silakan klik artikel saya ini. Tanpa Keras GPU, proses komputasi akan berjalan sangat lambat.


Setelah sebelumnya saya bahas teori tentang Recurrent Neural Networks (RNN), kali ini saya akan berbagi tentang aplikasinya. Kita sudah memahami sebelumnya, bahwa kita akan menggunakan arsitektur LSTM (Long short-term memory) sebagai tambahan dari rancangan RNN.

Jika pembaca belum membaca artikel saya tentang LSTM melalui link di atas, akan kesulitan mengikuti materi di halaman ini. Jadi sangat saya rekomendasikan pembaca untuk benar-benar memahami apa itu LSTM.


Sekarang kita akan mencoba memprediksi trend sebuah saham. Kita pilih saham yang terkenal yaitu saham milik Facebook. Kita ambil data saham dari sejak Facebook go plublic sampai sekarang, jadi bisa dipastikan datanya sangat besar.

Silakan pembaca download dulu dataset nya di link 1 dan link 2.

Bagaimana mendapatkan data saham ini? Cukup akses situs summary finansial dari Yahoo di link ini. Pembaca juga bisa mengatur sendiri saham apa yang akan diprediksi dan rentang waktunya. Yang menarik adalah history dari pergerakan saham bisa kita simpan (download) di komputer.

Jika pembaca ingin mengunduh dan menggunakan saham lain, silakan saja. Dengan demikian, pembaca bisa berlatih untuk mencoba berbagai macam jenis saham perusahaan. Menariknya, tidak hanya saham yang bisa diprediksi, bahkan harga komoditas lain juga bisa. Intinya datanya harus berbentuk time-series.

Untuk melanjutkan membaca, silakan klik tombol lanjut ke halaman selanjutnya di bawah ini

Bagikan artikel ini:

Pages: 1 2

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of